Senin, 23 Januari 2012

Istanbul Dan Pantai Aegean


MEDIA PUBLIK - ISTANBULLautan Marmara berpendar ke kanan saya, polong lumba-lumba bermain improbably di feri-dan kapal tanker-tersedak Bosporus selat, dan menara menusuk jet-lag kabut saya pada malam pertama Istanbul saya.
 
Berjalan menyusuri jalan utama di kota tua Istanbul keesokan harinya, aku ditarik keluar dari lamunan ketika seorang pria, tua berkumis sangat bersandar jendela mobil reyot dan menggelegar, "Amerika?"

  
Tiba-tiba menyadari lengan pendek saya dan rok dalam perjalanan musim panas lalu untuk sebuah kota di mana banyak perempuan memakai mantel panjang bahkan dalam cuaca panas, aku tersenyum malu-malu. "Ah, memiliki hari yang baik!" teriaknya dalam bahasa Inggris, melanggar senyum lebar, yang bisa saya lakukan adalah jawaban "cok iyi," yang berarti sangat baik, kata-kata Turki yang telah saya pelajari pada hari pertama saya di pelajaran dadakan dari seorang sopir taksi.

Dan sehingga keramahan dari orang asing Turki menemani saya selama tiga minggu saya habiskan di Istanbul dan bersama Turki Aegean pantai, di mana saya menemukan banyak barang antik, arsitektur dan seni dengan kesejajaran beberapa di Mediterania, belum lagi laut mustahil biru dan hari raya piring kecil dikenal sebagai mezes di non-euro harga.


Dari Istanbul, saya membuat drive sepanjang hari untuk Aegea utara menakjubkan desa Assos. Kolam dari pantai berkerikil ke dalam kosong hijau-biru air, di bawah tebing dihiasi dengan pohon zaitun dan bersenandung dengan jangkrik, dekat reruntuhan dikunjungi oleh Aristoteles dan St Paulus, adalah kesempurnaan sehingga aku hampir menghabiskan sisa liburan saya di sana. Setelah semua, unta unta saya melihat menghirup batang pohon dan daun dari jalan berdebu tampak senang tinggal di mana dia.

Tapi Yunani-Romawi situs, karya seni Bizantium dan Islam, dan pemandangan Mediterania tersentuh memberi isyarat, dan mana-mana, orang keluar dari jalan mereka untuk membuat orang asing ini diterima. Yunani-Romawi Splendor: Untuk mengeluh, karena buku wisata banyak dilakukan, bahwa tidak banyak yang bisa dilihat di Troy ini mirip dengan panggilan Menara Eiffel tumpukan batangan besi. Benar, secara teknis, tapi itu adalah mengabaikan perasaan terengah-engah menatap dinding dan kolom di mana pahlawan Homeric hidup 3.000 tahun yang lalu, dari melihat dari atas kue polos sama dibudidayakan di panas tengah hari.


Peradaban Yunani Kuno dibangun acropolises beberapa jam selatan dari Troy, tidak ada yang lebih "kota tinggi" dari Pergamum, di mana sisa-sisa sebuah candi yang luar biasa dan teater dari abad ketiga SM yang diukir di atas sebuah gunung tandus. Tak jauh dari reruntuhan menggugah dari tiga kota Ionia, termasuk teater raksasa dari Miletus dan kolom berukir candi Dydima, begitu tinggi bahwa Anda merasa kecil sekali. Favorit saya adalah Priene, berbaring di sisi sebuah bukit pinus yang tertutup sehingga benar-benar off rute wisata bahwa kebisingan hanya saya dengar adalah denting lonceng domba di tengah 2.300 tahun jalan.


Tak satu pun dari situs-situs, atau reruntuhan yang paling kuno di mana saja, dapat atas kegembiraan yang berlebihan dari Efesus terdekat, kota Romawi di tengah pantai Aegean yang mendominasi dunia Timur klasik. Anda masih bisa berjalan jalan marmer utamanya ke perpustakaan kaya diukir dan teater raksasa, kotak terakhir, patung, dan apa yang pasti apartemen penthouse Roma terkaya '.


Bahkan di Roma hampir tidak ada yang mewah kuno begitu banyak pada layar seperti di teras rumah-rumah, dengan ruang tertutup panel marmer, lukisan dinding realistis dan lantai mosaik rumit adegan mistis.


Bizantium dan Ottoman: Pertama Bizantium, maka kerajaan Ottoman memberi bobot lebih mengesankan dan gemerlap untuk modal mereka, Istanbul, di era keemasan mereka pada abad keenam dan 16. Untuk kemegahan belaka, yang stunners adalah Bizantium Haghia Sophia dan Masjid Biru Ottoman '. Saya menghabiskan banyak malam merenungkan mereka dari teras atap hotel kecil Sultanahmet saya, seperti burung camar menukik di antara lampu sorot mencuci lebih stadion berukuran mereka kubah. Sementara itu, concierge, Erhan Orkun, sibuk untuk mendapatkan saya sebuah kemewahan abad ke-21: nirkabel tanpa cela.


Anda bahkan tidak menyadari betapa emas sangat tinggi dan luas Haghia Sophia ubin tertutup kubah sampai Anda mendaki jalan setelah jalan tangga ke galeri, dan mosaik tetap terlihat jauh. Mosaik Byzantium terbaik tersembunyi di tepi pusat Istanbul, di gereja Kariye permata-kotak. Saya tidak pernah menemukan itu seorang wanita sepenuhnya terselubung saya berhenti di sebuah jalan sepi tidak berjalan satu mil dari jalan saya untuk memimpin sebuah warren gang.


Interior bersinar dengan abad ke-14 mosaik menggambarkan cerita Injil dengan realisme sehingga Anda merasa ragu-ragu Mary saat ia berdiri di luar rumah Yusuf sebagai pengantin baru, meremas-remas tangannya. Demikian pula, sementara langit-mendominasi raksasa seperti Suleymaniye masjid dan istana Topkapi, selama 400 tahun tempat tinggal yang luas sultan-sultan ', terkesan dengan bermain besar mereka bentuk, favorit saya Ottoman adalah sebuah masjid kecil yang tersembunyi di dekat Spice Bazaar, Rustem Pasa.


Ruang gelap, didinginkan oleh angin dari Golden Horn, semburan ke blues hidup dan hijau dari ubin Iznik berharga yang mencakup dalam motif bunga abstrak dan rumit. APOLLO'S RENANG LUBANG: Anda bisa menyelam ke dalam biru yang hidup di laut lepas Oludeniz alam taman, dimana Aegean memenuhi Mediterania. Dikelilingi oleh pegunungan tinggi tertutup sikat harum dan pinus, dengan gumpalan awan ber
tengger di puncak mereka, rasanya seperti lubang renang para dewa kuno.

Bukan berarti tidak ada persaingan untuk pecinta laut. Saya menghabiskan satu hari jelajah Bosporus di perahu berlayar teman, menenggak ayran, minuman yoghurt tanda tangan asin, melewati istana dan benteng Ottoman. Dari sebuah teluk kecil di semenanjung sedih overdeveloped Bodrum, anak-anak terlibat saya dalam sebuah kompetisi gaya bebas melalui air kristal sebagai neneknya, mengenakan di baju lengan panjang pirus, biru dan pink Crocs mie, dengan sabar mencoba beberapa stroke.


Dari teras saya di salah satu dari banyak hotel semenanjung mewah, Lavanta, menghadap Yalikavak pelabuhan, aku menyaksikan matahari terbenam di pulau-pulau Yunani sebagai panggilan muadzin untuk shalat tercium lebih desa bercat putih sampai kincir angin topping perbukitan tandus.


Jika Bodrum memiliki luxe, semenanjung Datca hanya ke selatan memiliki kesendirian. Dekat reruntuhan Knidos, sebuah abad ketujuh SM Kota Yunani, saya menghabiskan jam mengambang di air transparan tanpa melihat jiwa.


Beberapa jam selatan sana, di Patara, saya menemukan mil dari pantai berpasir populer dengan penyu laut, melewati lengkungan dan reruntuhan lain dari sebuah kota kuno Lycian. Ini adalah panggilan yang sulit, tapi saya mungkin punya tepung yang terbaik dari perjalanan di Patara, di bawah punjung anggur restoran St Nicholas. Mezes terus mengalir, mulai dari keju tajam peynir Beyaz (versi Turki feta) untuk ikan bakar dan domba ke berbagai menyilaukan hidangan dibuat dengan terong ("patlican," yang berarti terong, adalah kosa kata Turki esensial).


Dan tentu saja, akhirnya aku berbicara serius dengan putra pemilik, seorang pemuda hanya keluar dari sekolah arsitektur, yang berbagi mimpinya perkembangan hijau di Patara sehingga "dalam lima tahun Anda mungkin membaca dari saya.
Cok iyi," kataku, dan aku berharap bahwa pertama sopir taksi Istanbul akan bangga".***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar