Kamis, 15 Desember 2011

PERTARUNGAN PILKADES / PILPAM (PAMBAKAL) DESA GUDANG HIRANG KECAMATAN SUNGAI TABUK

Media Publik – Banjar. Gudang Hirang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sungai Tabuk ( Sei. Tabuk ), Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia dengan luas wilayah 13,00 km² lebih dan Jumlah penduduk 10.000 jiwa lebih.

Desa Gudang Hirang merupakan sebuah desa yang wilayahnya terluas di Kecamatan Sungai Tabuk yang memiliki jalan utama Jalan Veteran atau juga disebut Jalan Martapura Lama berjarak sekitar 3 kelometer yang membawahi beberapa perkampungan seperti Handil Buluan (Buluan Raya), Sungai Asam (Km. 10,5- Km.11,3), Sungai Madang (Daerah Penghasil Jeruk), Gudang Hirang (Ibu Kota Desa), Hampalam Bungkuk, Handil Bahalang dan Handil Barabai, yang berbatasan dengan Desa Sungai Tabuk Kota, Lok Baintan Luar, Sungai Bakung, Sungai Lulut, Pematang Panjang, dan Desa Menarap Baru (Kecamatan Kertak Hanyar).

Pambakal adalah sebuah sebutan seseorang yang memimpin atau Kepala Desa disebuah desa di daerah Kalimantan Selatan.

Desa Gudang Hirang baru saja melaksanakan pemilihan Pambakal (Pilpam) pada hari Kamis 15 Desember 2011. Ada dua Calon yang bersanding yaitu Anang Syahrani dan Syahrudin Subli. Hasil pantauan Media Publik pemilihan tersebut ternyata Anang Syahran menang telak dengan perolehan suara lebih dari 70 persen dari suara pemilih yang hadir.

Adapun suara yang diperebutkan dalam pemilihan Pambakal Desa Gudang Hirang adalah 3146 suara yang terdaftar, menurut informasi yang didapat oleh wartawan Media Publik jumlah pemilih yang sebenarnya di Desa Gudang Hirang ini mencapai 4000an, di karenakan kemunglinan pendataan yang masih belum maksimal mengakibatkan adanya tertinggal jumlah pemilih tersebut.

Anang Syahrani mengungkapkan “Alhamdulillah Pemilihan Pambakal Desa Gudang Hirang ini berjalan dengan lancar dan terkendali dengan baik,” katanya, Kamis (15/12).

“Dari jumlah pemilih 3146 suara tersebut hasil dari pemilihan Pambakal ini, jumah pemilih yang menghadiri/mengikuti pemilihan pambakal itu 2268 pemilih,” ungkap Anang Syahrani Kandidat pemenang pemilihan Pambakal Desa Gudang Hirang.

Lanjut Anang Syahrani, “Hasil pemilihan Pambakal ini Syahrudin Subli mendapatkan 336 suara, dan saya sendiri mendapatkan 1875 suara serta suara yang tidak sah 57 suara,” cetusnya.

“Saya atas nama pribadi mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat Gudang Hirang ini, selain itu pula saya mohon do`anya semoga saya selalu bisa dengan baik menjalankan amanah ini,” kata Syahran.

Lebih lanjut Syahran menututurkan kepada wartawan Media Publik, "Insya Allah untuk mengabulkan hajat masyarakat banyak kampung kami, di awal bulan Februari 2012 menjelang pelantikan diri saya sebagai Pembakal Gudang Hirang terpilih, saya akan menggelar kesenian Wayang Kulit," cetusnya.

"Kalau mengenai pelantikan kalau memang tidak mundur dari jadewal yang direncanakan, Insya Allah tanggal 6 Februari 2012 digelarnya, dan saya minta kedatangan rekan-rekan jurnalislah untuk bisa menghadirinya, serta saya juga mengundang seluruh warga masyarakat Gudang Hirang untuk bisa berhadir pada waktu itu," ungkap Anang Syahran.

"Dalam Pelantikan nantinya supaya lebih meriah Insya Allah kita akan menampilkan kesenian daerah kita sendiri, yaitu Kuda Gepang dan Kuntau (Seni Beladiri khas Kalimantan Selatan)," ungkap Anang Syahrani Pambakal terpilih.

Aspihani Ideris angkat bicara ketika di hubungi wartawan Media Publik via telepon Kamis (15/12), “Seseorang yang dipercaya diberikan amanah sebagai Pambakal ini pastilah seseorang yang terbaik dari yang baik, oleh karena itu saya hanya bisa mendo`akan semoga saudara Syahran bisa dengan baik menjalankan amanah yang di embannya ini,” katanya.

“Saya yakin saudara Syahran orang yang tepat menduduki posisi sebagai Pambakal di Desa gudang Hirang, karena beliau ini dari segi pengalaman sudah terlalu asin bergelimang di dalam pemerintahan,” kata Aspihani Ideris yang juga seorang tokoh masyarakat Gudang Hirang.

Lanjut Aspihani Ideris, "Saya hanya bisa berharap saudara Anang Syahrani benar benar bisa melaksanakan komitmennya, karena mudah untuk bicara namun tidak semudah itu untuk bisa melakukannya dengan benar, segala sesuatunya adalah proses dan proses jauh lebih berharga dibandingkan dengan hasilnya. Oleh karena itu seorang pemimpin harus bisa berpikir dengan benar dalam bertindak, berpikir ke depan dan maju ke depan. Masa depan bukanlah hanya kerja sesaat, wahai sobatku dan saya percaya saudara mampu lakukan itu semua," ungkapnya seraya menutup pembicaraan.

Senada dengan Abdul Khalak, menututurkan “Anang Syahrani ini seseorang yang benar-benar bisa bermasyarakat dan seorang yang meiliki segudang pengalaman juga,”ungkapnya, Kamis (15/12).

“Saya berharap pambakal terpilih ini benar-benar bisa mengayumi kami-kami ini sebagai masyarakat Desa Gudang Hirang, baik mempermudah dalam pengurusan surat menyurat maupun ringan hati dalam membantu sosial kemasyarakatan,” cetus Khalak seraya menutup pembicaraan.

Pantauan Media Publik dalam Pilpam ini yang unik adalah setiap pemilih berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik dari panitia dan kedua kandidat, bahkan ada beberapa hadiah yang disiapkan oleh Camat Sungai Tabuk. Untuk mendapatkan hadiah tersebut kartu suara pemilih di undi seusai penghitungan suara. Hadiah tersebut berupa satu unit TV berwarna, Hp, Kipas Angin dan lain lain.

Selain itupula seusai penghitungan suara, pemenang atau pambakal terpilih di usung oleh masyarakat dan di bacakan shalawat nabi bersahut sahutan di iringi dengan teburan beras kuning bercampur uang recehan. (Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar