Kamis, 31 Mei 2012

DOSEN UNPAR DIPERCAYA JADI DOSEN KELAS INTERNASIONAL

BERITA MEDIA PUBLIK - PALANGKA RAYA. Kualifikasi dan kompetensi tenaga pengajar atau dosen di Universitas Palangka Raya (Unpar) tak hanya diakui secara nasional, tetapi juga internasional. Hal ini terbukti dengan beberapa dosen senior yang dipercaya menjadi dosen kelas internasional perguruan tinggi ternama di luar negeri. Antara lain; sebagai tenaga pengajar di Hokkaido University (Sapporo, Jepang). 

Sejak tahun 1997 antara Unpar dan Hokkaido University telah menjalin kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan staf. Sejak 2010 kerja sama itu diperluas lagi dalam bidang pendidikan. Bidang pendidikan ini secara khusus mengambil bidang kajian sustainability science (ilmu tentang pembangunan berkelanjutan). "Sistem perkuliahan untuk sustainability science ini dilakukan dengan sharing international lecture yang dilakukan secara distance learning (kuliah jarak jauh). 

Di samping kuliah jarah jauh, sistem pendidikan dilakukan dengan kursus yang dilaksanakan bergantian di antara universitas yang berafiliasi tersebut," kata Rektor Unpar Drs Henry Singarasa MS melalui Pembantu Rektor I Unpar Prof Drs Kumpiady Widen MA PhD kepada Kalteng Pos usai memberikan kuliah internasional dengan video conference di Aula Fakultas Pertanian Unpar, Kamis (31/5). 

Menurut dia, pada 2011 lalu Unpar menerima sekitar 50 orang mahasiswa internasional untuk mengikuti kursus selama satu minggu di Unpar. Materi perkuliahan adalah tentang pelaksanaan sustainable development di Kalimantan Tengah. Kemudian lanjut Kumpiady, pada April-Juni ini dari tanggal 5 April-4 Juni 2012 dilaksanakan kuliah internasional di Universitas Palangka Raya bertempat di ruang kelas internasional Fakultas Pertanian Unpar. 

Para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan internasional ini berjumlah 65 orang dengan rincian; Unpar 11 orang, Jepang 36 orang, Cina tiga orang, Taiwan 10 orang dan dari Afrika lima orang. Tenaga pengajar internasional yang dipercayakan dari Unpar adalah Prof Drs Kumpiady Widen MA PhD dan Prof Dr Sulmin Gumiri MSc. Mata kuliah yang diberikan oleh Prof Sulmin Gumiri adalah sustainable inland tropical fisheries yang diberikan pada tanggal 16 April 2012. Sedangkan Prof Drs Kumpiady Widen MA PhD mengajar mata kuliah: sustainable management of nature: learning from the Dayak of Central Kalimantan, diberikan pada tanggal 31 Mei 2012 pukul 16.30. (tur/hit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar