Minggu, 11 Agustus 2013

BLH Banjar Bentuk Tim Pengawas Khusus Perusahaan dan Instansi


MEDIA PUBLIK - MARTAPURA. Pasca lebaran tahun ini, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banjar mulai mempersiapkan pembentukan tim pengendalian dan pengawasan khusus terhadap perusahaan atau instansi. Kalau sebelumnya, hanya terima laporan lantas ditindaklanjuti, nantinya BLH bergerak door to door ke sejumlah perusahaan.

“Pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan, terutama yang bandel kita perketat. Sehingga pelanggaran-pelanggaran yang mereka perbuat harus mendapatkan sanksi tegas sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) atau undang-undang yang berlaku,” ucap Kepala BLH Banjar Drs H Sofian AH MM ketika didampingi Kabid Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Hanafi SH kepada wartawan Media Publik belum lama tadi.
.
Tim yang dinamakan pengawas khusus ini nantinya tambah Hanafi terhimpun dari beberapa dinas atau instansi. Pasalnya tidak hanya masalah izin atau dokumen lingkungan, namun juga beberapa aspek seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), gangguan lingkungan (HO) dan lainnya. Namun pergerakan ini nantinya dibawah komando dari BLH Banjar.

“Kita ingin lebih mengetatkan pengawasan saja. Pasalnya, selama ini masih banyak perusahaan-perusahaan yang disejumlah pelosok yang belum tersentuh atau kita awasi,” tegasnya.

Pembentukan tim khusus ini sendiri kata Hanafi sudah disetujui DPRD Banjar dengan menambah penganggaran untuk pengawasan dan pengendalian lingkungan di Kabupaten Banjar. Kondisi ini praktis memudahkan tim pengawas khusus nantinya untuk bergerak. 

“Alhamdulillah tahun ini anggaran kita ditambah untuk pengawasan dan pengendalian lingkungan di Kabupaten Banjar,” pungkasnya.

Pihaknyapun tidak menutup pintu kepada masyarakat yang masih ingin melaporkan kondisi lingkungan di sekitarnya. Pasalnya BLH menganggap masyarakat juga merupakan mitra kerja mereka. “Kalau ada yang dilaporkan silakan datangi saja BLH. Pasti akan kami tindaklanjuti,” ujarnya. (kas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar