Minggu, 23 Januari 2011

Pembangunan Jalan Desa Banipang Hilir Laut Sarat KKN

MEDIA PUBLIK – LOTIM. Di duga sarat dengan KKN, Pembangunan Jalan Desa Banipang Hilir Laut.Bersumberkan APBD Pemda KOTIM, pembangunan SD SMP satu atap, 3 Pulau Hanaut, di desa Banipang Hilir Laut (Kalampan)dan dari dfana bantuan luar negri, yakni kegiatan PNPM/P2DTK Untuk kegiatan pembangunan Rabat Beton jalan desa kelampan , Namun beberapa pembangunan tersebut terkesan asal asalan dan tidak adanya transparansi, hal ini akibat tidak ada sosialisasi dan Papan Informasi, bahkan papan program PNPM pada waktu kegiatan pelaksanaanpun tidak di temukan alias tidak di pasang. Ironisnya, jalan poros desa yang menggunakan dana APBD melalui usulan Musrenbang, ternyata di lakukan tanpa musyawarah terlebih dahulu.

Pemindahan lokasi pembangunan jalandesa Kelampan melalui program PNPM, TPK desa Banipang Hilir Laut, diinterpensi oleh kepala desa sepanjang 114 meter dialihkan kelan proses desa. Kepala desa Bapinang Hilir Laut, H. Ramli, saat ditemui MPK mengakui adanya pemindahan lokasi pembangunan ini, atau tidak sesuainya dengan rencana yanmg telah diusulkan. Adapun kiranya itu hal yang wajar mengingat kebutuhan masyarakat sini dan kami memang diarahkan oleh FK dan FT dikecamatan,” urai Kades ini secara gamblang.

Tapi, waktu MPK menanyakan berapa anggaran yang digunakan untuk pencangkulan dan pemeliharaan jalan Poros tersebut kades ini engga mengungkapkan dengan alasan,” dia Cuma bilang kami ada tim pak. Saya rasa nanti sajalah kita sampaikan,” ungkap kepala desa Bapinang Hilir Laut, seperti tanpa sengaja dia memperlihatkan ketidak trasparanan pada masyarakat.

Sangat berbeda memang dengan apa yang diakui oleh warga setempat, dan menurut Kades juga mengatakan kemarin, penyemenan jalan poros ini menggunakan dana ADD. Kami hanya mangguk-mangguk saja, soalnya kami memang tidak tau, sebab tidak ada rapat warga desa. Paling yang rapat Cuma meraka saja, anaknya, saudara dan keluarganya ataupun keponakannya yang lain seingat saya tidak pernah diberi tahu. Papar salah satu seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya ini.

Fasilitator Kecamatan Pulau Hanaut, Yansen dan FK Tekhnik M. Irfan, ST saat dikonfirmasi lewat telepon mengatakan, kegiatan PNPM di desa Mentaya Hilir Laut sudah sesuai yang direncanakan dan kami rasa tidak ada masalah,” jelasnya yang masih diperjalanan. “ kami sudah melaksanakan ini sesuai apa panduan pelaksanaanya total panjanbg jalan sesuai, sepanjang 745 meter,” tambahnya. (Abduh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar