Senin, 10 Januari 2011

Gapoktan BINA KARYA Desa Makmur Mulia Salurkan Dana PUAP

Satui, Media Publik
Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan(PUAP) yang merupakan program dari Kementerian Pertanian Repbulik Indonesia berjalan lancar di Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui. Program PUAP tersebut pada tahun anggaran 2010 dan 2011 mengucurkan dana kepada masing masing Gapoktan sebesar seratus juta rupiah dan selanjutnya disalurkan kepada para petani melaui Gapoktan nya masing masing.

Gabungan Kelompok Tani Bina Karya Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui dibawah pimpinan Marhasani juga mendapatkan kucuran dana tersebut dan langsung merealisasikan atau menyalurkan program pemerintah itu kepada para petani yang tergabung di dalam keanggotaannya. Hal ini mendapat sambutan yang baik dari para petani di Desa Makmur Mulia,seperti yang terlihat nampak antusias nya para petani menanggapi program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) ini.

Menurut Ketua Gapoktan Bina Karya, Marhasani, ketika ditemui Wartawan Media Publik pada senin (10/1) menyatakan” program PUAP ini sangat mempunyai arti dan berdampak positif bagi rekan rekan petani, sehingga para petani yang selama ini kebingungan dan kesulitan mencari permodalan dapat sedikit bernafas lega jelasnya”.

Smentara itu Rehat Suhartono yang merupakan direktur LKMA (Lembaga keuangan Mikro agribisnis) Desa Makmur Mulia ketika ditemui ditempat yang sama juga menunjukkan rasa bahagaianya dengan adanya program PUAP dari pemerintah ini,dia berharap dengan simpan pinjam yang dilakukan para rekan rekan petani di LKMA ini berjalan sesuai yang diharapkan sehingga nantinya juga lebih meringankan para petani untuk mengembangkan usahanya dibidang pertanian.

Nampak pada hari ketika suara Kalimantan menyambangi sekretariat Gapoktan Bina Karya Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui yang mana menempati sebagian ruangan dari kantor desa Makmur Mulia terlihat ramainya para petani melakukan transaksi simpan pinjam . menurut informasi yang berhasil dihimpun, masing masing anggota mendapat pinjaman dana bervariasi dari 1 juta rupiah hingga 2 juta rupiah per anggotanya dengan jangka pengembalian angsuran paling lambat 10 bulan.

Gapoktan Bina Karya Desa Makmur Mulia ini membawahi beberapa kelompok tani yakni, poktan mulya bersatu, karya mulia, mekar jaya dan lenipa. (Fathur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar