Rabu, 20 November 2013

YAHUDI DUKUNG NUKLIR IRAN

MEDIA PUBLIK. Ratusan warga Iran, termasuk para mahasiswa dan anggota komunitas Yahudi kemarin lusa menggelar unjuk rasa untuk mendukung Iran dalam pertemuan dengan negara Barat guna membahas program nuklir di Kota Jenewa, Swiss.

Stasiun televisi Iran memperlihatkan para mahasiswa itu berkumpul di gerbang pengayaan uranium Fordo di kawasan selatan Ibu Kota Teheran. Mereka membentuk rantai manusia sambil meneriakkan "Fordo ada dalam hati kami." Mereka juga mengecam negara-negara Barat yang berusaha membatasi program nuklir Iran dalam pertemuan di Kota Jenewa, Swiss, kemarin, seperti dilansir surat kabar the Times of Israel, Rabu (20/11).

Di Teheran, puluhan orang yang menyebut sebagai warga Yahudi Iran berkumpul di luar gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kejadian itu merupakan pemandangan langka di Iran karena komunitas Yahudi di Iran biasanya lebih tertutup dari pandangan masyarakat. Warga Yahudi terbesar di luar Israel memang berada di Iran selain di Turki.

Program nuklir Iran kini tengah menjadi sorotan dunia pada pertemuan di Jenewa. Demonstrasi di Teheran itu menunjukkan warga Iran dari umat Yahudi mendapat izin dari pemerintah dan pihak keamanan setempat untuk menggelar unjuk rasa.

Iran selama ini selalu menolak untuk menghentikan pengayaan uraniumnya. Namun Iran diminta mengurangi pengayaan uraniumnya sebanyak 20 persen dalam pembicaraan di Jenewa yang dimulai kemarin.

Israel sudah berulangkali mengkritik rencana pembicaraan nuklir Iran dengan negara Barat dengan menyatakan perjanjian itu akan membuat Iran tetap mengembangkan program nuklir.

Iran bersikukuh mereka selama ini mengembangkan program nuklir untuk keperluan sipil seperti pembangkit listrik dan ilmu medis untuk perawatan kanker. (TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar