Senin, 22 April 2013

PARPOL DI KALSEL SERAHKAN 630 DCS CALEG PROVINSI PEMILU 2014


630 Caleg Berebut 55 Kursi DPRD Provinsi Kalsel

BERITA MEDIA PUBLIK - BANJARMASIN. Hari ini Senin (22/4), merupakan hari terakhir penyerahan daftar calon sementara (DCS) ke KPU benar-benar dimanfaatkan partai politik peserta Pemilu 2014 untuk menyerahkan dokumen bakal caleg yang akan bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan.

Sejak pagi, pengurus dan perwakilan masing-masing partai politik sudah mendatangi kantor Komisi Pemilihan umum (KPU) Kalsel di Jalan A Yani Km 2,5 Banjarmasin, agar tidak terlambat menyerahkan DCS Caleg.

Pasalnya pada hari tersebut mereka sudah harus menyerahkan DCS paling lambat pukul 16.00 Wita, jika lewat dari waktu yang ditetapkan tersebut maka bakal dianggap tidak ada memiliki Caleg.

Secara bergantian masing-masing pimpinan partai datang ke KPU, yang diawali pengurus Partai Bulan Bintang (PBB) yang dipimpin Ketua DPW PBB H. Pangeran Iberahim. Ibrahim merupakan Ketua PBB yang baru pengganti Drs. H. Syaiful Rasyid MM, karena H. Syaiful Rasyid mengundurkan diri dari PBB dan berpindah ke Partai Gerindra serta menjadi Caleg DPR RI Kalsel I, maka kepemimpinan PBB Kalsel digantikan H Pangeran Ibrahim. Kemudian, sebaliknya juga di DCS PBB ada beberapa nama Caleg yang pernah mendaftar di Gerinda dan PAN berpindah menjadi Caleg PBB, seperti Saleh Saberan dan Subhan Saputra. 


Partai Nasdem yang juga menyerahkan 55 nama-nama Caleg DCS. Para pengurus Partai Nasdem belum sempat pulang, datang pengurus Partai Demokrat. Mereka menyerahkan 55 dokumen Caleg. Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Hanura hanya menyerahkan 53 dokumen caleg. Ketua DPD Hanura Kalsel, Munasib Halikie, mengatakan tidak terpenuhi jumlah bakal Caleg tersebut karena keterbatasan jumlah calon di beberapa daerah pemilihan (Dapil).

Namun, dia menjamin untuk kuota 30 persen perempuan tetap terpenuhi. “Ada beberapa Dapil yang memang kurang, sehingga tetap dibiarkan kosong,” katanya.

Setelah Partai Hanura, giliran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyerahkan masing-masing sebanyak 55 DCS.

Terakhir, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang hanya menyerahkan 27 DCS, terdiri 19 laki-laki dan 8 perempuan.

Wakil Ketua DPP PKPI Kalsel, Willy Subastian mengatakan sedikitnya jumlah bakal Caleg itu karena keterbatasan waktu untuk melakukan rekrutmen Caleg. Namun jumlah tersebut sudah mewakili dari seluruh Dapil yang ada.

“Waktu lulusnya kami sebagai peserta Pemilu dengan jadwal penyerahan DCS kan mepet, makanya jumlah kami sedikit,” terangnya.


Diantara nama-nama Caleg DCS tersebut terdapat nama mantan Wakil Gubernur Kalsel H M. Rosehan NB SH dan tokoh LSM Kalsel Aspihani Ideris MH menghiasi Partai Gerindra sebuah partai politik besutan Prabowo Subianto ini. Selain dari partai politik, calon peroranganpun yaitu calon Dewan Perwakilan Daerah RI untuk wilayah Kalimantan Selatan terdapat dua nama aktivis LSM nasional yaitu H.MS. Shiddiq dan Berry Nahdian Forqan yang sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon DPD RI ini.

Hingga jadwal penyerahan itu ditutup pukul 16.00 Wita, DCS yang sudah masuk ke KPU sebanyak 630 orang. Karena Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar telah lebih dulu menyerahkannya saat mulai pembukaan penyerahan tersebut.

Padahal, kursi untuk DPRD Kalsel yang diperebutkan hanya 55 buah, sesuai dengan jumlah penduduk Kalsel yang hanya berjumlah sekitar 3,5 juta orang.

Sekretaris KPU Kalsel, Bambang Setiawan, mengatakan dokumen tersebut akan diverifikasi petugas untuk mengetahui adanya kekurangan persyaratan seperti yang ditetapkan peraturan perundang-undangan.

Jika tidak ada persyaratan yang kurang, DCS akan langsung ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT). Artinya nama-nama tersebut sebagai Caleg yang akan bertarung dalam pemilu 2014 mendatang. (TIM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar