Sabtu, 01 Desember 2012

Hal Menyebabkan Demam pada Bayi

Penyebab demam bayi umur kurang dari 1 bulan
Bayi umur ini akan mengalami demam yang umumnya disebabkan oleh infeksi kuman. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya bawa bayi ke dokter jika dalam 1-2 hari demam tidak kunjung turun. Karena usia ini gejala demam yang dialami kurang bisa mengetahui kondisi penyakit atau kelainan tubuh yang akan diderita, dalam hal ini ringan atau beratnya.

Penyebab demam bayi umur 1-3 bulan
Pada umur ini, bayi umumnya demam karena disebabkan oleh adanya infeksi virus pada tubuh. Demam ini akan berangsur pulih seteleh beberapa jam. Namun, jika ada perubahan perilaku bayi yang dirasa tidak normal, maka sebaiknya konsultasi dan periksakan kepada dokter tentang gejala demam yang dialaminya.

Penyebab demam bayi umur 3 – 12 bulan
Umur ini bayi mulai menjalani imunisasi, oleh karena itu sebab demam pada bayi umur ini bisa diakibatkan imunisasi yang memasukkan penyakit ke dalamnya untuk merangsang sistem imun tubuh untuk bekerja melawannya. Demam akibat ini biasanya diberikan obat khusus oleh petugas yang melakukan imunisasi. Selain itu, pengaruh infeksi virus serta flu menjadi hal lain yang menyebabkan demam. Untuk sebab yang satu ini, sebaiknya bayi segera di bawa ke dokter jika terlihat gejala yang tidak normal.

Penyebab demam bayi umur 1 – 6 tahun
Pada usia ini anak sudah disebut dengan istilah balita. Biasanya demam pada usia ini penyebabnya lebih kompleks, antara lain : infeksi telinga, infeksi saluran pernafasan, infeksi akibat virus, infeksi saluran kemih dan infeksi saluran pencernaan. Hal ini disebabkan karena balita sudah mengalami pola perilaku dan pola makan yang berubah, hal inilah yang menyebabkan tubuh mengalami demam sebagai proses adaptasi. Sebaiknya bawa ke dokter jika balita menunjukkan gejala yang tidak wajar saat demam. Itulah beberapa sebab sebab demam bayi berdasarkan kategori usianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar