Minggu, 10 Oktober 2010

Hutan Kami Hutan Kamu Juga

Momentum lagi-lagi sesuatu periode yang perlu diperhatikan dalam penyampaian media pemasaran pesan.

Oleh : Kastalani Ideris (Wartawan Media Publik)
MEDIA PUBLIK, Pangkalan Bun . Kita perlu seperti menerawang ada peristiwa apa sehingga media kita tepat sasarannya. Ini terjadi dengan sebuah benda kecil bundar yang biasa dikenakan di pakaian, tas dan topi. Benda inspirasi ini pesannya sederhana "Hutan Kami Hutan Kamu Jua" dengan dibubuhi logo kampanye bangga Hemat di Lahan Sendiri mampu memberi semangat memiliki makna pesan itu untuk bisa diaplikasikan pesannya. Ya itu Pin Bangga ke-2 yang dibuat perdana sebanyak 200 keping dan disebarkan kepada peserta pertemuan para pihak untuk Kajian Ekowisata di Kawasan SM Sungai Lamandau serta aksi menanam 1 miliar pohon di Hari Pohon Bulan Menanam Nasional awal Desember 2010.

Tidak hanya Garuda di dadaku, tapi Hutan Kami di dadaku juga melekat di pakaian mereka. Mereka bangga mengenakannya sambil menanam. Tampak wajah suka wakil Bupati Sukamara, Bapak H. Karyadi, SH yang bersemangat sekali dan menganggap kegiatan ini menjadi kerjasama Pemerintah Daerah Sukamara bersama Yayorin.

Awal sebuah kebersamaan mulai terus terlihat, saat itu Pin Bangga ini menjadi salah satu cenderamata kegiatan yang dibagikan bersama materi Kegiatan Pertemuan Para Pihak yang diinisiasi oleh Proyek EC Lamandau yang didukung dana Uni Eropa ini. Selebihnya kembali saya mensuplai beberapa puluh Pin untuk kegiatan Hari Pohon Bulan Menanam Nasional yang sempat saya lontarkan dalam pertemuan para Pihak tersebut, ujar Wakil Bupati, Sabtu, 9 Oktober 2010.

Hasilnya selama sepekan kegiatan lebih dari 100 orang instansi pemerintah daerah, guru dan pemuda pelajar kota Sukamara melakukan gerakan penanaman.Ini baru awal sebuah kratifitas penyampaian pesan melalui pembacaan momentum yang harapan dan capainnya selalu menciptakan gerakan rasa kebersamaan untuk melestarikan alam.

Berbagai bentuk inspirasi lain akan terus tercipta dari benda yang hanya berbentuk kepingan bundar. Kepingan ini akan selalu menjadi salah satu media penanda pada kampanye kami. Terus dukung kampanye perubahan untuk kelestarian SM SUngai Lamandau dan hutan lain di sekitarnya sebagai habitat penting bagi orangutan serta sumber jasa lingkungan bagi masyarakat pinggiran hutan secara berkelanjutan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar