Selasa, 06 Juli 2010

Warga Resah Limbah ke Sungai Satui

MEDIA PUBLIK – SATUI. Sudah 3 hari berturut-turut di daerah satui hujan terus, mulai malam kamis 10.00 wit sampai hari sabtu baru reda, warga yang tinggalnya di RT. 01, 02 dan 03 jalan Angkasa Desa Sungai Danau Kab. Tanah Bumbu Prov. Kal-Sel di sekitar dekat sungai rumahnya, merasakan air sungai berubah, ada ikan-ikan yang timbul dan bau sungai yang menyengatkan bila dicium, terpaksa warga meurungkan niatnya untuk mandi ke sungai kata “Bani siswa SMA Tanah Bumbu dan Tokoh Masyarakat setempat 6/7.

Informasi yang di dapat dari warga maka Ketua LSM LEMPEMA Tanah Bumbu Fathur Rahman bersama anak buahnya turun kelapangan untuk croos cek ke sungai , pihaknya akan meneliti dulu dari mana datangnya limbah tersebut apa dari sawit, tambang atau putas ikan, maka dari itu kita benar-benar jeli menghadapi ini.

“Menduga” kalau benar ini sangat membahayakan warga setempat, maka ini suatu pelanggar peraturan UU No. 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, UU 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan dan UU 1945 Pasal 33 Ayat 3 Sebagai landasan konstitusional yang mewajibkan agar bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Ironisnya kita tunggu dulu dan kita kumpulkan data-data yang kongrit, nanti ketahuan juga kata Ketua Ketua DPD LSM Lembaga Pemerhati Masyarakat (LEMPEMA) Tanah Bumbu ini. “tegas Fathur Rahman”. (Team)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar