Minggu, 26 Juli 2015

Riban Satia Akan Umumkan Mundur Dari Pencalonan Pilgub Kalteng


MEDIA PUBLIK – PALANGKARAYA. Komisi Pemilihan Umum ‘KPU” Kalimantan Tengah hari, Minggu (26/7) sudah membuka pendaftaran kontestan pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2015, dan dikejutkan dengan info terkini perubahan peta politik yang ada.


Jika sehari sebelumnya dikabarkan pimpinan empat partai politik yang ada di Kalimantan Tengah, yakni Partai GERINDRA, Partai DEMOKRAT, Partai Amanat Nasional “PAN” dan Partai Kebangkitan Bangsa “PKB” yang kesemuanya terdiri 19 kursi di DPRD Provinsi kalteng menyerahkan dukungan penuh ke pasangan HM. Riban satia dan H. Baharuddin H Lisa untuk maju di pilgub kalteng mendatang ini.

Saat media ini menghubungi Ketua DPW PKB Kalteng, HM. Asera (26/7) memberikan kabar sangat mengejutkan yakni hasil rapat pimpinan pengusung tersebut mendapatkan sebuah kesepakatan meminta mundur dari pencalonan pilgub akan datang ini..

"Saya memang menyarankan kepada Wali Kota, HM. Riban Satia untuk mundur saja dari pencalonan sebagai Gubernur Kalteng. Meskipun, awalnya saya akui, memang saya sangat getol menghendaki Riban maju di Pilgub Kalteng mendatang," kata Anggota DPRD Kalteng ini.

Menurut Asera, saran yang dia katakan terkait adanya klaim dari Sugianto Sabran yang awalnya ingin dipasangkan dengannya untuk maju di Pilgub Kalteng, namun batal, karena Sugianto ingin jadi Gubernur bukan Wakil Gubernur.

Asera mengatakan, Sugianto mengklaim sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dari DPP empat parpol yang memiliki 19 kursi di dewan tersebut, bahwa dukungan bukan diberikan kepada HM. Riban Satia, tetapi diberikan kepada Sugianto Sabran dan Habib Ismail, sebagai wakilnya.

"Kami sudah berupaya untuk sekuat-kuatnya mengajukan pasangan Riban Satia dan Baharudin Lisa, tetapi kenyataanya kursi yang kami perjuangkan ternyata sudah di borong secara diam-diam oleh Sugianto yang langsung melakukan lobi ke DPP dan hasil pertemuan di Bali. Akhirnya empat parpol sepakat memberikan 19 kursi ke Sugianto- Habib Ismail." kata Asera.

Menurut Asera, untuk meyakinkan bahwa HM. Riban Satia mengikuti nasehatnya tersebut, rencanannya, Senin (27/7/2015) besok, Walikota Palangkaraya, HM. Riban Satia, akan menggelar konferensi pers tentang pengunduran dirinya dari pencalonan di Pilgub Kalteng mendatang. "Tunggu saja besok, Riban akan menggelar konferensi pers pengunduran dirinya untuk pencalonan di Pilgub Kalteng." katanya.

Namun, terpisah, saat wartawan, menghubungi Habib Ismail, melalui telepon selularnya, dia menyangkal hal tersebut dan mengatakan, tidak mungkin orang se popular seperti dia bisa maju di Pilgub Kalteng berpasangan dengan Sugianto Sabran." Gak lah, tidak mungkin itu, saya gak berkomentar dululah soal itu. Mungkin yang benar Sugianto dengan Siun Jarias (Sekdaprov Kalteng). " kata anggota DPD RI asal Kalteng ini. (Gt. Rizali Noor)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar