Sabtu, 03 Januari 2015

30 JENAZAH KORBAN PESAWAT AIR ASIA QZ 8501 SUDAH DITEMUKAN


 
Media Publik - Pangkalan Bun/ Kalteng. Air Asia QZ 8501 terkait evakuasi korban terus berlanjut. 30 jenazah korban sudah ditemukan pada Sabtu (3/1) ini dengan rincian 17 jenazah laki-laki dan 13 jenazah perempuan dari 162 jenazah yang diperkirakan meninggal dalam kecelakaan Air Asia QZ 8501 . Dengan demikian, hingga hari kedelapan pencarian, sudah 30 jasad korban AirAsia yang didapatkan. Akan halnya badan pesawat,  tenggelam di dasar perairan Teluk Kumai.

Penemuan 30 jenazah korban Air Asia QZ 8501 ini dilakukan oleh Kapal USS Samson milik Amerika Serikat. Delapan di antaranya sudah diangkut oleh Helikopter UH60 Black Hawk sejak Jumat siang menuju RS Sultan Imanudin Pangkalan Bun. Akan halnya empat sisanya masih berada di kapal tersebut.

Disampaikan oleh Direktur Operasional SAR Posko Pangkalan Bun, Marsekal Pertama Supriyadi kepada beberapa wartawan, “(Jenazah) Yang sudah terkirim 18 jenazah (ke Surabaya), yang ada di sini (Pangkalan Bun) 12 (jasad), di kapal (USS Sampson milik AS-red) empat. Jadi total ada 30 (jenazah-red).”

Sementara itu, di mana bangkai pesawat Air Asia QZ8501 bisa dipastikan. Menurut Supriyadi, pesawat nahas itu jatuh di perairan Teluk Kumai. Serpihan pesawat dan jasad korban terbawa arus ke arah timur.

“Memang pesawat AirAsia jatuh di perairan Teluk Kumai di mana serpihan puing barang termasuk korban hanyut ke sebelah timur,” tuturnya seperti dikutip CNN Indonesia.

Sejak Jumat (2/1), Kepala Basarnas FH Bambang Soelistyo sudah menginstruksikan pencarian serpihan pesawat dan jasad korban dalam areal yang lebih kecil daripada hari-hari sebelumnya.

Jika pada hari ketiga masih ada 13 sektor pencarian, maka areal itu terus dipersempit. Terakhir, luas daerah pencarian mencapai 1.545 mil. Basarnas mengerahkan kapal berteknologi sonar untuk cakupan wilayah tersebut.

Pencarian tidak kenal lelah terus dilakukan Basarnas dengan bantuan berbagai pihak. Hingga kini juga belum terungkap penyebab kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh pada Minggu (28/12) dengan membawa 162 orang, 155 di antaranya penumpang. (TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar