Kamis, 26 Mei 2011

Damianus Taufan Ketua Umum Partai Serikat Rakyat Independen (SRI)

Berita Media Publik - Jakarta. Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) didirikan di Jakarta 2 Mei 2011. Partai ini dilahirkan sebagai perahu untuk membawa Sri Mulyani Indrawati berlabuh sebagai pemimpin Indonesia 2014. Tiga orang pengurus partai yang ditampilkan disini adalah juga para aktivis Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI-Keadilan). Saat ini partai SRI sedang membentuk kepengurusan sampai tingkat kecamatan di 33 provinsi di Indonesia.


Damianus Taufan

Ketua Umum Partai SRI
Ketua Umum Partai SRI


 “Pluralitas  adalah syarat demokrasi, tidak ada kemajuan tanpa perbedaan.  Maka nilai-nilai  itulah yang harus kita suburkan  dalam kehidupan sosial kita”

Prinsip ini yang dipegang teguh oleh D. Taufan, mantan aktivis mahasiswa, penggiat HAM, dan salah satu pendiri Partai Serikat Rakyat Independen (SRI). Lahir di Jakarta, 27 September 1967, Taufan adalah penggagas SETARA  Institute, sebuah lembaga yang memperjuangkan nilai-nilai pluralisme di  Indonesia.

Kepeduliannya terhadap masalah sosial bangsa ini dimulai sejak mahasiswa di Universitas Nasional Jakarta. Bersama puluhan mahasiswa lain dari berbagai kampus, Taufan ikut ditangkap saat demonstrasi menentang kenaikan tarif listrik di Gedung MPR/DPR Senayan tahun 1989.

Setelah itu, Taufan bergabung di Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia PBHI, sebagai Ketua Litbang. Ia pernah mengambil short course tentang HAM dari Canada Human Right Foundation, Montreal Canada. Taufan pun menempuh pendidikan formal tentang HAM, dengan gelar diploma di bidang Forensic Human Rights dari Groningen University, Belanda. Setelah itu, ia menempuh pendidikan pasca-sarjana Ilmu Politik dari Universitas Indonesia.

Taufan akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia politik praktis, dengan bergabung di Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB) sebagai Wakil Sekjen. Jabatan terakhirnya adalah Ketua partai.

Sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai SRI, latar belakang Taufan sebagai aktivis serta pengalamannya menjadi pengurus partai politik akan sangat membantu Partai SRI menjadi kendaraan politik untuk mengusung Sri Mulyani Indrawati sebagai Calon Presiden 2014.

“Masyarakat Indonesia membutuhkan tokoh yang jujur, bersih, anti korupsi, dan beretika. SMI menginspirasi nilai-nilai sosial tersebut, sekaligus menjawab kebutuhan Indonesia di masa depan,” kata Taufan. (TIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar