Selasa, 12 April 2011

Kader PAN Pindah Ke Demokrat

MEDIA PUBLIK - BANDUNG. Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf yang diusung oleh Partai Amanat Nasional, mengakui niatnya untuk pindah partai. "Kan begini, ada perkataan, tidak pindah, (tapi) bergeser," katanya pada wartawan seusai sosialisasi soal Jaminan Sosial Tenaga Kerja bagi pekerja yang berada di luar hubungan kerja di Bandung, Selasa, 12 April 2011.

Sebelumnya, Dede tidak mau berbicara gamblang soal ini. Wartawan yang mencegatnya menanyakan itu, setelah pekan lalu Dede mengaku akan Shalat Istikharah untuk memutuskan soal pindah partai itu. Isu itu merebak setelah pekan lalu, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok membenarkan niat pindahnya Dede ke partainya.

Awalnya saat ditanya hari ini soal hasil Istikharahnya itu, Dede menjawab pendek. "Insya Allah, lanjutkan, sudah cukup," katanya. "Silakan diartikan sendiri, jawaban Istikharah kan cuma satu."

Saat didesak lagi, Dede akhirnya mau buka mulut soal niatnya pindah partai ke Partai Demokrat itu.

Dede mengaku, soal rencana bakal pindah partai itu sudah dikatakannya pada Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Soal apa tanggapan Hatta tentang niatnya itu, Dede tidak menjelaskan.

Ditanya soal restu Hatta tentang niat pindahnya itu, Dede mengatakan, tidak perlu harus demikian. "Gak harus demikian kan, tapi yang penting harus ada komunikasi," kata Dede.

Dede menolak menjelaskan pertimbangan yang diambilnya untuk pindah perahu itu. "Silakan saja menginterpretasikan sendiri, yagn jelas apa bila semua itu dilakukan, untuk kepentingan yang lebih besar, salah satunya, bagaimana Jawa Barat ini bisa berjalan terus pembangunannya," katanya.

Kendati demikian, Dede mengaku, belum resmi mendaftar ke Partai Demokrat. Dia beralasan, baru semalam mendapat hasil Shalat Istikharahnya itu. "Nanti kalau daftar, saya kasih tahu," katanya.

Kepindahan Dede sempat dikaitkan dengan niatnya untuk maju dalam pemillihan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, yang akan menggelar pemilihan dalam Musyawarah Daerah pada Juni nanti. Ditanya soal itu, Dede mengaku, belum ada rencana untuk mencalonkan diri dalam pemilihan itu.

Dede pun sempat ditanya soal pindah partainya itu, apakah untuk merebut kursi gubernur dalam pemilihan gubernur pada 2013 nanti. "Ini 2011, belum sampai ke sana," jawabnya menghindar. Dede didesak lagi soal itu. "Nanti, ada Istikharah lagi". (Tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar