Senin, 07 Juli 2014

PT. BORNEO INDOBARA ( BIB ) SEROBOT LAHAN MASYARAKAT SEBAMBAN BARU



BERITA MEDIA PUBLIK_TANAH BUMBU. PT. Borneo Indobara (BIB) yang merupakan anak perusahan PT. Sinar Mas Group yang bergerak dibidang pertambangan batubara melakukan penyerobotan lahan milik masyarakat Desa Sebamban Baru, Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menggarap dan melakukan kegiatan pertambangan tanpa ijin pemilik hak atas tanah di atasnya.

Menurut Derektur Eksekutif LEKEM Kalimantan, Aspihani Ideris, S.AP, SH, MH menuturkan hasil investigasi Lembaga Kerukunan Masyarakat Kalimantan (LEKEM KALIMANTAN) beberapa yang lalu ke lapangan bahwa benar sekali H.Rustam adalah salah satu warga masyarakat Sebamban Baru, pemilik hak atas tanah yang lahan miliknya seluas 500Ha diserobot dan digarap oleh PT. Borneo Indobara (BIB) tanpa ijin.

Informasi yang kami dapat bahwa kegiatan penambangan yang telah dilakukan oleh PT. Borneo Indobara (BIB) ini telah berlangsung selama enam bulan lebih, hanya negosiasi dan perundingan belaka yang didapat tanpa ada penyelesaian yang berarti, sedangkan aktifitas produksi tambang batubara tetap keluar, tanah warga hancur, hak masyarakat diabaikan dan ini sama dengan perampasan terorganisir, ”Kasus penyerobotan lahan yang dilakukan oleh PT.Borneo Indobara (BIB) didalam konsensi PKP2B PT. BIB sendiri, dan sangat jelas lahan tersebut milik H. Rustam”, ujarnya.

Selain itupula kami sangat mempertanyakan keterlibatan aparat TNI atau oknum Militer dalam hal ini juga harus menjadi perhatian serius dan perlu dipertanyakan, bicara sebagai pengamanan sah-sah aja tapi dalam batas kewajaran, mereka juga harus tahu fungsi dan tugas mereka sebenarnya, kalo mereka melindungi perusahan untuk berbuat kejahatan dan menindas rakyat, itu sangat tidak dibenarkan, karena kita tahu semua tugas dari TNI itu mengamankan Negara bukan pengamankan perusahaan dan semua ada aturan dan juknis serta prosedur nya tidak sembarangan, sangat aneh dan ajaib sekali kalau ternyata militer menjadi “SATPAM” mengawal orang sipil dan usaha bisnis swasta, dan jelas sekali indikasinya ada semacam komando dan relasi kerja”, pungkas Advokad muda ini.

H. Rustam ketika ditemui dirumahnya menyampaikan dan membenarkan atas kejadian yang terjadi selama ini yang dilakukan PT.BIB terhadap hak milik atas tanah lahannya,” PT.BIB telah mengerjakan lahan saya pa, dan mereka tahu, mereka mau membuang disposal saja minta ijin saya,giliran garap tanah saya dan sudah berproduksi batubara nya tidak mengeluarkan hak saya, itu kan sama juga maling, bahkan kurang lebih 4.000 batang pohon Kelapa Sawit yang saya tanam sendiri dilahan saya habis digusur dan dirobohkan tanpa ganti rugi, tapi hanya janji janji belaka”.

Lebih lanjut H Rustam menjelaskan”Ini pa, dasar pengelolaan hak milik atas tanah tersebut, saya mengelola dan menggarap tanah tersebut sebelum HPH Jayanti dan saya merasa sangat aneh saat ini berubah menjadi HPH Hutan Rindang Banua (HRB)”, seraya memperlihatkan beberapa dukument lama yang dimilikinya kepada beberapa wartawan.

Dijelaskannya juga bahwa beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Maret 2014 saya pernah mendatangi kantor PT. Borneo Indobara (BIB) di Angsana dan disana saya ditemui oleh legal PT. Borneo Indobara (BIB) saudara Anton, chips keamanan dan security Altisto, Letda Baisori dari TNI-AD Yonif Rindam 621 Barabai, setelah itu juga mereka ke rumah saya pa sekitar bulan Mei dan bulan Juni dengan tujuan kata mereka mau bersilaturrahmi dan menyelesaikan masalah lahan milik saya yang digarap oleh PT. Borneo Indobara (BIB), dalam pertemuan tersebut mereka sudah menawar harga royalti dan ganti rugi pohon sawit yang sudah dirobohkan, tapi jujur sampai hari ini dan detik ini tidak ada tindak lanjutnya, melaikan hanya janji palsu. (Fathur)

2 komentar:

  1. Promo diskon atau cashback Harga OTR mobil di Dealer Wira Toyota Banjarmasin dan info Kredit DP rendah dengan cicilan atau angsuran yg ringan dan murah untuk mobil Agya Avanza juga mobil sport seperti Rush dan Fortuner kemudian mobil niaga seperti Hilux pickup juga Truk Dyna dan tentu kendaraan seperti Innova Yaris Vios Etios Altis dan lainnya
    Dealer kami mempunyai layanan kota seluruh Kalimantan Selatan seperti Banjarbaru Tanjung Tabalong Kandangan Batulicin Pelaihari Rantau Amuntai Barabai Martapura Paringin.Dealer Kami adalah Wira Megah Profitamas yang merupakan dealer terlengkap di Kalsel dengan service 3S nya yaitu sales, service dan spare part. Bengkel kami mempunyai para teknisi berpengalaman dalam permeliharaan dan perbaikan semua jenis mobil Toyota.
    Untuk penjualan mobil baru tentu saja kami juga mempunyai paket kredit ringan serta promo berupa diskon dan bonus yang menarik. Dan kami juga melayani trade in atau tukar tambah mobil lama anda dengan mobil baru Toyota. Setiap Bulan promo selalu berubah karena itu untuk detail promo diskon segera hubungi kami , berapa nilainya , seperti apa rinciannya silahkan hubungi kami , perlu kami informasikan bahwa harga mobil merk apapun akan naik harga setiap ada perubahan dengan menyesuaikan inflasi dan naiknya nilai tukar Rupiah, karena itu jika sudah siap DP maka sebaiknya segera pesan / booking terlebih dahulu dengan memberikan tanda jadi/fee SPK sebelum harga naik kembali serta mengantisipasi unit datang lambat sampai ketangan anda.

    Informasi dan pertanyaan lainnya, Hubgi : Rivani Ahmad 081349393886 / 085248375358 Anda mau beli mobil baru ? mau beli mobil Toyota ? Wira Toyota Solusi dan Pilihan nya ...

    BalasHapus
  2. Siinar mas emang tukang rampas lahan. Masyarakat termasuk pt borneo hasil rampasan sinarmas ,,

    BalasHapus