Jumat, 17 Juni 2011

Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik






 MEDIA PUBLIK
 email : humas@plnkalselteng.co.id

Masih ingatkan anda dengan Gerakan Sehari Sejuta Sambungan atau yang akrab dikenal dengan sebutan GO GRASSS ? Kegiatan yang tahun lalu dilaksanakan berbarengan dengan momentum Hari Listrik Nasional ke – 65 tanggal 27 Oktober 2010 itu, kembali dilaksanakan PT PLN (Persero) tahun ini. GRASSS Tahap 2 yang merupakan kelanjutan GRASSS sebelumnya ini, diselenggarakan serentak diseluruh Indonesia pada 17 Juni 2011 dengan mengusung jargon “PLN Tuntuskan Daftar Tunggu Sambungan Listrik”.

Saat GRASSS Tahap 1 tahun 2010 lalu, PLN berhasil menyambung 1,1 juta daftar tunggu diseluruh Indonesia yang terjangkau jaringan PLN. Namun demikian, masih tersisa daftar tunggu yang belum dapat dilayani. Yang dimaksud dengan daftar tunggu adalah mereka yang sudah mendaftar ke PLN untuk mendapatkan sambungan baru namun belum dapat dilayani karena kendala dari sisi PLN, baik karena keterbatasan daya mampu pembangkit, trafo overload, perlu perluasan JTR, perlu tarikan SUTM atau material tidak tersedia. Karena itu, program GRASSS Tahap 2 ini ditargetkan untuk menuntaskan penyambungan daftar tunggu rumah tangga, utamanya calon pelanggan yang belum bisa terlayani saat GRASSS pertama.

Secara nasional, total daftar tunggu calon pelanggan PLN adalah sekitar 1,2 juta pelanggan, dengan rincian :
·       Wilayah Indonesia Barat = 389.000 calon pelanggan,
·       Wilayah Indonesia Timur = 470.000 calon pelanggan,
·       Wilayah Jawa-Bali = 358.000 calon pelanggan

PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah telah berhasil melampaui target 20.000 sambungan baru untuk program GRASSS Tahap 2. Tercatat, hingga tanggal 17 Juni 2011, total pelanggan yang sudah tersambung mencapai 50.740 pelanggan.

UNIT
REALISASI PENAMBAHAN PELANGGAN DARI 1 JANUARI – 17 JUNI 2011
BANJARMASIN
13.497
BARABAI
10.791
KOTABARU
5.673
PALANGKARAYA
14.393
KUALA KAPUAS
6.386
TOTAL
50.740
GRASSS Tahap 2 Tahun 2011 ini menjadi langkah strategis PLN untuk meningkatkan kualitas layanan penyambungan baru, terutama dalam mengatasi daftar tunggu permintaan sambungan listrik yang hingga kini masih belum terlayani. Dengan begitu, diharapkan keluhan pelanggan terkait sulitnya permintaan sambungan listrik atau keluhan tingginya biaya penyambungan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan sehingga pelanggan akan memiliki kepastian tentang sambungan listrik rumahnya. Tak hanya itu, program ini juga ditujukan untuk melindungi masyarakat (calon pelanggan) dari praktek-praktek kecurangan dan tidak terpuji yang mengakibatkan kerugian bagi masyarakat dan mencoreng citra positif perusahaan serta mengikis habis praktek percaloan dan “pasar gelap” dalam penyambungan baru. Dengan bersungguh-sungguh untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, prosedur yang sederhana,  lebih pasti, lebih mudah dan transparan diharapkan pelanggan akan lebih puas terhadap PLN.  

Untuk memperkuat pasokan listrik dalam mendukung program GRASSS Tahap 2 ini, PLN Kalselteng telah melakukan beberapa upaya. Diantaranya dengan melakukan uprating dan optimalisasi pembangkit milik PLN, tambahan sewa pembangkit diesel dibeberapa lokasi seperti Rantau dan Maburai, perluasan jaringan listrik, dll. Pada bulan Juni 2011 ini, daya mampu pembangkit listrik tercatat 324 MW dengan beban puncak mencapai 320 MW.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar